Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Walkthrough Final Fantasy 9 (FFIX) Part 4

:jempol: Ini adalah bagian terakhir dari Walkthrough Final Fantasy 9. :****: Di misi kali ini cobalah untuk bersantai karena sebentar lagi kalian akan menamatkan game ini. Kalian bisa bersantai dengan menaikan level karakter atau dengan mengumpulkan kartu di mini game Tetra Master dan menurut saya ini yang paling sulit tapi paling menyenangkan. :haha: Oke langsung saja untuk postingan kali ini berlanjut ke Walkthrough Final Fantasy 9 bagian keempat. :horey:

Walkthrough Final Fantasy 9Misi Terakhir Walkthrough Final Fantasy 9 (FFIX) Bagian Keempat:

45. Kuja’s Dungeon

Seberangi jembatan, lalu belok kanan. Cepat tekan tombol untuk bergerak, tapi berhenti kalau monster berbalik menghadapmu. Kalau sudah dapat kunci, kamu akan bergerak ke neraca/timbangan (scale). Letakkan berat Clay, Stone, dan Iron di timbangan, lalu naik ke jam pasir. Begitu kamu punya kelompok baru, lengkapi pula dengan peralatan baru, Auto-Potion, Clear-Headed, dan Body Temp. Setelah itu pergilah ke kiri dan naik ke tangga.

Di sesi berikutnya kamu harus menyalakan lilin-lilin agar pintu terbuka, buat tangga agar kamu bisa mengakses ke lilin lain. Sebetulnya nggak susah menemukan dan menyalakan beberapa lilin. Nyalakan lilin di dalam ruangan tempat kamu berada dan amati Blood Stone warna ungu di sebelah kanan. Terus naik tangga, pergilah ke kiri sampai kau melihat tangga bercahaya. Naiki tangga itu dan nyalakan lilin, kembali ke gang lalu belok kiri. Nyalakan ketiga lilin, lalu lewati pintu di puncak ruangan. Masuki pintu yang kanan, lalu nyalakan tiga lilin dalam ruangan ini. Begitu patung di sebelah kiri ruangan muncul, matikan dua lilin di kanan ruangan agar pintunya terbuka. Kembali ke sisi kiri ruangan lewat tengah. Nyalakan dua lilin di puncak tangga untuk menggeser deretan patung sebelah kanan. Geser patung-patung itu ke kanan ruangan, nyalakan dua lilin, kemudian turun tangga dan nyalakan lilin yang terakhir. Amati Blood Stone warna ungu di puncak ruangan.

Masuklah melewati pintu baru di sebelah kanan ruangan dan nyalakan lilin di dekat tengah-tengah ruangan. Periksa Blood Stone ungu, pergi ke ujung gang, belok kiri, lalu naik tangga. Nyalakan lilin di puncak tangga, kemudian ikuti jalan sampai kamu menemukan Library. Nyalakan lilin di kiri, lalu naik tangga di kanan bawah. Nyalakan lilin di rak tengah untuk membuka pintu yang lain. Masuki pintu itu dan naik tangga. Nyalakan lilin yang kau temukan, lalu naik lagi. Nyalakan lilin di puncak tangga, kemudian balik lagi ke Library dan nyalakan lilin terakhir di sebelah kanan ruangan agar bisa buka pintu lain. Masuk dan lewati pintu itu, nyalakan lilin lagi, kembali ke Library. Lewati jendela kaca bernoda di sebelah kiri, maka kamu akan mencapai hall baru dan save Moogle (akhirnya!).

Lanjutkan perjalananmu ke kiri dan nyalakan dua lilin. Amati Blood Stone ungu, lalu pergilah ke pintu di sebelah kiri. Ikuti jalan di ruangan berikutnya dan nyalakan ketiga lilin untuk menerangi Blood Stone yang lain. Setelah mengamati batu itu, matikan lilin yang tengah dan kembali ke ruangan di kanan. Naiki tangga (bersiap-siaplah menghadapi pertarungan) dan nyalakan lilin untuk dibawa melawan boss. Kalau kamu membawa semua Blood Stone, boss ini mudah ditaklukkan. Selain itu kamu juga harus sehat dan selalu siap menyerang. Kamu juga boleh menggunakan Reflect. Setelah bertarung, nyalakan lilin dan pertahankan agar lilin itu tetap menyala. Begitu kamu berhasil mengontrol Zidane, ikuti jalan ke Palace. Naik tangga dan lewati pintu. Setelah adegan ini, pilih kelompok kesukaanmu, lalu keluar. Ikuti jalan sampai kamu melihat cahaya biru. Ambil cahaya biru yang yang kiri, ikuti jalan sampai mencapai tempat dimana pesawat disimpan, kemudian lanjutkan sampai ke geladak kapal yang lain. Periksa pengungkit yang ada di kanan bawah tangga. Naik tangga, lalu keluar.

46. Esto Gaza

Begitu kamu turun dari kapal, kamu akan berada di dekat trek Chocobo, jadi kamu boleh memanggil seseorang. Menujulah ke barat, dan kamu akan tiba di Esto Gaza. Masuki pintu di tengah kota. Kamu punya kesempatan lagi untuk menentukan kelompokmu. Setelah itu belok kanan dan masuklah ke toko untuk membeli Octagon Rod untuk Vivi (Octagon Rod ini memungkinkan dia untuk mempelajari mantera elemen terampuh) karena kamu nggak bisa membelinya nanti. Kembali ke gang dan naik tangga sebelah kiri. Ikuti jalan ke kanan dan lewat pintu ke Mount Gulug.

Apa Kamu Tau  Biodata Gadis di Harvest Moon Back to Nature

47. Mount Gulug

Ikuti jalan dan turun dengan tali. Di dasar, amati pengungkit di sebelah kiri tali. Tarik (pengungkit) ke bawah berkali-kali sampai menjatuhkan ember di bawah. Turun lagi lewat tali lalu jalan ke sebelah kiri sampai seekor naga menembus dinding dan siap bertarung denganmu. Setelah bertarung, lengkapi dengan kemampuan Antibody dan jalan terus melewati lubang yang dibuat naga. Tatap layar dan abaikan pertarungan; bersantailah pertarungan akan berlangsung secara otomatis. Setelah pertarungan dan beberapa adegan dialog, kamu harus melawan Thorn dan Zorn (Eiko akan menggantikan Vivi dalam kelompok pertarunganmu). Thorn dan Zorn akan menghantammu dengan virus ganas yang akan melindungimu dari 11 AP di akhir pertarungan. Gunakan serangan terampuhmu untuk mengalahkan mereka. Setelah pertarungan dan serangkaian adegan, kamu akan mengambil alih Zidane di Lindblum Castle. Save di Moogle, lalu pergilah ke Conference Room.. Setelah beberapa rangkaian adegan yang panjang dan FMV yang menarik, akhirnya kamu akan menguasai pesawat Hilda Garde 3. Sekarang kamu bebas untuk menjelajahi seluruh dunia sesukamu. Kamu dapat dengan mudah menggunakan trik Cotton Rope untuk mendapatkan uang jika diperlukan. Jika kamu nggak punya Running Shoes, ambil Quina dan Vivi dalam kelompokmu dan kunjungi Quan’s Dwelling. Periksa jam pada Running Shoes. Kalau sudah siap terbanglah ke Ipsen’s Castle.

48. Ipsen’s Castle

Ketika kamu berada di dalam Ipsen’s Castle, ada kejadian aneh. Di sini, semakin sedikit senjata yang kamu perlukan, semakin banyak damage yang kamu timbulkan. Di dalam puri kamu akan menemukan senjata lemah dari setiap yang dapat kamu perlengkapi kalau kamu belum memilkinya. Semua baju baja dan aksesori harus dalam kondisi terbaik. Kamu juga pingin melengkapi dengan Jelly. Menelusuri jalan-jalan di puri sangatlah mudah cukup turun ke ruang utama, ikuti tangga dan pinggiran hingga kamu menemukan lift yang menuju ke atas. Pelajari peta yang ada di bagian atas ruangan, dan begitu kamu mengambil keempat cermin, saatnya bertarung. Kalau kamu pakai senjata terlemahmu, pertarungan ini tidak terlalu merepotkan.

Setelah pertarungan, pergi ke ruangan di seberang lift dan pelajari gambar yang ada di dinding sebelah kanan. Teruslah memilih pilihan yang berbeda supaya kamu dapat istirahat. Setelah beristirahat, kamu bisa membuka jalan pintas untuk step berikutnya. Kembali ke ruangan dimana kamu pertama kali turun dan kamu akan menghadapi sebuah jebakan. Berjalanlah ke kiri atas untuk masuk ke jebakan lainnya yang akan membawamu ke peti harta karun di ruangan bawah. Kembalilah naik ke ruangan pertama di puri di sana seharusnya sudah ada pintu di tengah-tengah. Lewati pintu dan kamu akan menemukan ruangan lain dengan lift. Turun dengan lift untuk menemukan ruangan dengan sebuah pedang listrik yang besar. Ambil pot dan putar melawan arah jarum jam hingga potnya menyerap listrik. Amati pot itu untuk mendapatkan Ancient Aroma. Tinggalkan puri, dan setelah itu kamu harus menemukan Amarant (kamu Harus melengkapi Zidane dengan Jelly). Masuk ke puri lagi dan menujulah ke Inverted Room yang di dalamnya ada tempat lilin yang besar, kemudian tinggalkan puri.

49. The Shrines

Ikuti petunjuk awak pesawat yang ada di pojok kiri bawah jembatan untuk pergi ke setiap kuil. Kamu harus pergi ke kuil Water, Fire, Wind, dan Earth. Bagian ini terdengar mengerikan, karena kamu harus membagi kelompokmu (dan menggunakan karakter yang belum kamu bentuk), tapi satu-satunya pertarungan yang kamu temukan adalah di Kuil Earth dengan Zidane dan Quina. Kalau level mereka turun, kamu harus menambah beberapa kemampuan Quina jika kamu belum pernah memakainya sebelum ini. Kalau sudah siap, lengkapi kemampuan Auto-Flood pada keduanya dan siapkan baju baja atau aksesori yang dapat menolak atau mengisap elemen Earth, lalu terbanglah ke Kuil Earth. Tekan tombol ketika kamu melihat Field Icon untuk melompat. Akhirnya kamu akan bertarung lagi dengan boss lain. Jika Auto-Flood mu aktif, maka serangan terbaiknya dapat ditangkis. Gunakan serangan terbaikmu dengan memakai Zidane dan biarkan Quina menggunakan Blue Magic jenis apa pun yang dimilikinya (seperti Mighty Guard dan Magic Hammer). Setelah pertarungan berakhir, saatnya pergi ke Shimmering Island.

Apa Kamu Tau  Daftar Festival Harvest Moon Back to Nature

50. Terra

Setelah FMV yang hebat, kamu akan berada di Terra. Kamu harus segera mengikuti seorang gadis yang muncul di layar hingga kamu menemukan ruangan berikutnya. Ambil jalan memutar ke jalan setapak di sebelah kiri untuk menemukan kotak, lalu kembali ke jalan utama dan terus ikuti dia. Pastikan untuk menemukan harta tersembunyi di setiap sudut. Kalau udah lama membuntuti gadis itu, kamu akan menemukan lebih banyak FMV yang berakhir di kota Bran Ball.

51. Bran Ball

Jelajahi kota dan pastikan membeli perlengkapan baru di Moogle, yaitu di rumah yang berlokasi di sisi kanan kota. Bicaralah pada seorang anak yang mengamati air pada sisi kiri kota untuk menemukan penginapan di sebelah kiri. Masuklah ke penginapan untuk memulai serangkaian adegan dan ATEs. Sehabis itu pergi ke laboratorium bawah tanah yang terletak di bagian atas kota, maka kamu akan menemukan Pandemonium.

52. Pandemonium

Kejar Garland hingga ia membawamu keluar. Kamu akan terbangun dan mulai berjalan secara otomatis. Kamu akan melewati serangkaian pertarungan, tapi anggota kelompokmu akan datang membantu. Setelah pertarungan selesai, kamu akan dilindungi oleh kelompokmu. Lanjutkan perjalananmu sampai kamu ketemu ruang generator yang dipenuhi dengan lampu-lampu biru. Tekan tombol yang ada di sana untuk mulai mengganti lampu-lampu di sana ini akan memakan waktu 30 detik. Teruskan perjalanan, tapi hindari pilar-pilar yang bercahaya (atau kamu harus memulai dari awal) dan cepatlah seberangi jembatan bercahaya di ruangan berikutnya.

Kamu akan tiba di ruangan dengan mesin aneh di bagian belakangnya. Sebenarnya kamu dapat menipu mesin ini secara manual dan berjalan hilir-mudik di antara mesin dan ruangan berikutnya, tapi akan lebih mudah jika kamu membiarkan kelompok lain melakukannya. Lewati mesin dan pergi ke ruangan berikutnya, kemudian coba masuki lift terbang. Setelah ia mendaratkanmu, kembali ke mesin tadi dan biarkan kelompok lain menipunya untukmu. Kembali ke ruangan yang ada di sebelah kiri dan mulailah naik.

Kalau kamu perlu perubahan pada lift, pindah ke ATE dan putar lagi ke posisi semula. Saat kamu mencapai puncak, ambil jalur kiri atas untuk mencapai ke ruangan selanjutnya. Gunakan teleporter biru untuk berkeliling dan pastikan untuk mendapat semua perlengkapan yang ada di dalam peti. Kembali ke ruangan bundar dimana kamu keluar dari elevator dan ambil jalur kiri bawah. Pergilah ke Moogle untuk men-save game. Dari poin ini kamu harus punya kemampuan Auto-Potion dan Auto-Regen pada keempat karaktermu.

Pelajari setiap karakter sebelum kamu melanjutkan game. Kamu juga harus melengkapi perlengkapan penolak atau penyerap Wind yang kamu miliki. Lalu lanjutkan perjalanan ke pintu di sebelah kanan. Di sini, kamu akan melawan boss lagi yang lumayan tangguh (kecuali kamu semua telah melewati level 70, hehe!). Disarankan untuk mencuri semua perlengkapan yang dimiliki boss yang sekarang atau yang akan muncul kemudian, jika kamu mampu melakukannya. Setiap boss dari poin ini punya beberapa perlengkapan terbaik yang tersedia dalam game ini yang siap dicuri gunakan kemampuan Bandit dan Master Thief untuk memudahkannya. Kalau kamu berada di level yang lumayan serta punya paduan Auto-Potion dan AutoRegen, mestinya kamu bisa mengalahkan boss-boss itu dengan mudah. Bahkan kamu bisa melempar Blind dan Silence pada Garlant untuk memudahkannya. Setelah serangkaian pertarungan, beberapa FMV dan adegan menarik.

Sekarang kamu punya pesawat lain. Kamu dapat menyelesaikan beberapa pencarian, seperti menemukan Stellazzio 13 atau menambah level karakter-karaktermu. Kalau sudah siap, ayo lakukan.

53. Memoria

Terbangkan pesawatmu ke Lifa Tree dan mengarah ke cahaya merah jambu di atasnya. Setelah FMV, kamu akan bertempur melawan boss gunakan serangan yang paling ampuh dan usahakan agar setiap orang tetap hidup dengan Life atau Amarant’s Aura dan Revive Flairs. Setelah bertempur, kamu akan sampai di Memoria kemampuan Body Temp dan Antibody harus dipakai di area ini. Ikuti jalan sampai kamu temukan bola bercahaya yang berlaku seperti Moogle. Di sini kamu bisa bertarung dengan monster-monster untuk mendapatkan EXP dan AP kalau kamu perlu (monster-monster itu tangguh, berikan EXP yang banyak dan empat AP pada tiap monster).

Terus susuri jalan sampai kamu mencapai ruangan yang disbut “Recollection.” Di dekat atap ruangan ada pinggiran kecil cari dengan teliti agar kamu bisa menemukan Tower, salah satu senjata terampuh Zidane. Lanjutkan perjalanan, maka kamu akan mencapai Outer Path. Sebelum melanjutkan, lengkapi peralatanmu dengan penahan Fire (resistant) dan alat-alat penyerap (absorbing equipment). Setelah lengkap, ikuti jalan dan kamu akan bertarung lagi. Mencurilah dengan Zidane secanggih mungkin. Gunakan serangan-serangan terbaikmu untuk mengakhiri pertarungan.

Apa Kamu Tau  Final Fantasy IX Rilis di Android, iOS dan PC

Di dalam ruangan yang berlatar belakang awan merah jambu (disebut “The Past”), kamu akan menemukan salah satu senjata terampuh Eiko di sebelah kiri batu nisan. Selain itu akan kamu temukan juga save point tersembunyi di sebelah kanan batu nisan itu. Ikuti jalan ke kanan begitu kamu dekat tangga, lengkapi dengan Wind resistant dan absorbing equipment, lalu siap-siaplah berterung dengan boss. Curi dan taklukkan dia. Lanjutkan sampai kamu ketemu bola bercahaya lain di dekat air terjun.

Save game di sini, kemudian lanjutkan lagi. Setelah kamu menemui Quina yang sedang berenang di laut, temukan Hardis di balik batu karang yang ada di sebelah kanan. Kalau kamu tidak meninggalkan Hardis, berarti kamu harus bertarung dengannya. Doi lumayan tangguh, tapi kali ini kamu harus bisa melawannya. Kalahkan dia, maka dia akan menjadi Synth Shop yang terakhir, dan tawarkan beberapa peralatan unik. Sebelum lanjut bertarung dengan boss baru, siapkan anti-Water. Gunakan serangan kilat/halilintar yang kamu miliki dan dapatkan alat penangkap/peraba dulu.

Setelah bertarung, susuri jalan sampai kamu tiba di ruangan dengan jam besar (disebut “Time Warp”). Lalu cari pinggiran dekat tombol kanan untuk menemukan save point tersembunyi. Pergilah ke tangga, lewati pintu, dan teruskan sampai kamu menemukan ruangan di puncak tangga. Siapkan dirimu dengan Auto-Float dan antiEarth. Cowok ini cukup tangguh, tapi tenang aja deh kalau kamu punya Auto-Float. Kalahkan cowok itu seperti yang kamu lakukan pada yang lain, jangan lupa mencuri. Lanjutkan sampai kamu tiba di ruangan lain. Berjalanlah ke kanan atas ruangan dan kamu akan melihat cahaya hijau. Terus jalan sampai kamu bisa meraih cahaya itu . Kalau kamu sudah berada di dalamnya, ikuti jalan yang menuju ke bola cahaya yang terakhir. Kalau mau, kamu boleh pergi dari sini atau save aja dan lanjutkan lewat pintu gerbang.

Boss selanjutnya yang kamu hadapi, “enteng” kok. Ia memberikan serangan fisik dan mantera-mantera Death hidupkan kembali orang-orang yang terbunuh karena Death dan lanjutkan pertarungan. Setelah itu, balik lagi ke pintu gerbang dan save game lagi sebelum kamu melawan Kuja. Pastikan setiap orang dilengkapi dengan Auto-Life saat bertarung lebih mudah lagi dengan Amarant’s Auto-Flair. Juga gunakan penyerang fisik daripada pengucap mantera, karena Kuja akan melemparkan Reflect pada dirinya sendiri. Kalau kamu cukup parah melukai Kuja, ia akan melemparkan Curaga. Untuk menghentikannya, lemparkan Reflect pada dirimu sendiri.

Kini saat yang menyenangkan dimulai. Setelah bertarung, atur lagi kelompokmu, serta modifikasi perlengkapan dan kemampuanmu. Gabungkan Auto-Potion, Auto-Regen, Auto-Haste, dan Auto-Life dengan anti-status kemampuan ‘penyakit ringan’ (ailment abilities) sebanyak mungkin Kemampuan yang paling penting adalah Body Temp, Clear Headed, dan Antibody. Matikan kemampuan lain seperti Level Up, Ability Up, Bandit, atau lainnya yang tidak bisa memper-tahankan hidupmu atau tidak bisa menimbulkan banyak damage. Kalau sudah siap, tinggalkan subscreen dan pertarungan akan segera dimulai. Cowok ini mungkin tangguh mungkin nggak, tergantung faktor keberuntungan yang menyertaimu. Pada awal pertarungan, dia akan menggunakan mantera Grand Cross, yang mengakibatkan random status ailments, termasuk Death dan Zombie. Kalau cowok itu membunuh sebagian besar anggota kelompokmu, terutama penyembuhmu, kamu pantas marah. Gunakan Magic Tag untuk menyembuhkan status Zombie dengan cepat, karena Auto-Regen akan memberika damage pada karakter Zombi. Walaupun karakter karakter itu sudah mati, kamu tetap memerlukan Magic Tag sampai kamu bisa menghidupkan mereka lagi. Kalau sudah berhasil, kini saatnya kamu pergi ke kota. Bertahanlah, karena ini adalah pertarungan terakhir. Kalau kamu punya tambahan Dark Matter di inventory-mu, kini saatnya untuk menggunakannya pada damage 9,999 poin. Gunakan skil Zidane’s Thievery jika lebih penting dari serangan fisiknya. Pastikan bahwa setiap orang punya Auto-Life sepanjang waktu. Gunakan serangan terkuatmu dan berharaplah yang bagus-bagus. Cowok ini memang menyusahkanmu. Tapi, begitu kamu menang, nikmatilah happy ending-mu!

Mungkin Anda juga menyukai