Walkthrough Final Fantasy 9 (FFIX) Part 2

:nyengir: Oke, setelah sebelumnya saya posting tentang Walkthrough Final Fantasy 9 bagian pertama, sekarang saya akan melanjutkannya untuk bagian kedua. :jempol:

Walkthrough Final Fantasy 9 FF IX Part 2Lanjutan Walkthrough Final Fantasy 9 (FFIX) Bagian Kedua :

15. Lindblum

kuti Artania ke kanan, maka kamu akan tiba di Cid Fabul. Setelah menyaksikan peristiwa-peristiwa mengejutkan di sini, kamu akan masuk ke bar dan berpura-pura jadi Zidane. Di bar ini kamu akan bertemu dengan Freya (dia belum mau bergabung denganmu). Setelah itu, kamu akan kembali ke penginapan dan menelusuri kota. Di sini kamu harus membeli item, mencari harta karun, membeli perlengkapan (beli Steepled Hats sebanyak mungkin kamu akan tahu sebabnya nanti. Setelah kamu berkeliling di Business Districk, pergilah ke stasiun Air Cab di seberang penginapan , lalu ke Theatre District. Dari situ, ikuti jalan sampai kamu bertemu Zidane yang lagi jalan-jalan. Cari ruangan yang di dalamnya ada item-item berguna, lalu kembali lagi ke jalan dan ke puri. Di dalam puri menujulah ke ruang Garnet, lalu ke ruang air mancur, coba gunakan lift. Kamu harus menyamar, jadi kembalilah ke kanan dan turun tangga agar bertemu dengan penjaga yang tertidur Zidane akan menipunya, jadi kamu bisa pakai lift untuk naik ke lantai atas. Ambil gang sebelah kiri dan teruskan naik tangga. Setelah FMV dan beberapa dialog, kamu akan sampai di ruang Garnet, tempat kamu akan tahu bahwa kini saatnya Festival of the Hunt. Save di Moogle, lalu pergilah ke stasiun Air Cab. Kalau sudah sampai di Theatre District, batas waktu 12 menit akan dimulai. Kamu harus berburu monster sebanyak mungkin di area ini, tapi kamu harus menghindari Trick Sparrows mereka tidak memberikan banyak poin. Setelah kamu meninggalkan Theatre District, pergilah ke Business District. Cari area untuk membunuh monster, sama seperti yang kamu lakukan di Theatre District. Ketika jalan bercabang, ambil yang kiri. Sehabis meninggalkan area itu, balik lagi dan sekarang ambil jalan yang kanan supaya bisa bertarung dengan Zaghnol. Vivi dan Freya ikut bertarung. Jadi, kamu sudah bisa memutuskan siapa yang bakal memenangkan kontes ini. Untuk hasil yang terbaik, biarkan Freya membunuh agar bisa menang. Dan kamu akan mendapat Coral Ring sebagai hadiahnya. Begitu Festival berakhir dan kamu sudah dapat hadiahnya, kelompokmu akan mempelajari situasi di Burmecia. Setelah berdiskusi dan mendapat hasil yang mengejutkan, Garnet dan Steiner akan pergi, sedangkan kamu akan mengambil kontrol Zidane, Freya, dan Vivi. Pastikan Freya sudah punya peralatan lengkap, lalu pergi ke lift puri yang menuju ke lantai dasar. Ambil mobil sebelah kiri untuk pergi ke Dragon Gate. Kamu harus punya cadangan item dan save di Moogle, lalu kembali ke overworld.

16. Qu’s Marsh

Sebelum kamu melakukan apa pun di poin ini, bergegaslah ke utara dan temukan sesuatu yang mirip hutan sebetulnya ini adalah Qu’s Marsh. Dekati rawa/payau ini (kamu akan mengenalinya setelah kamu melihat dua pelajaran ATE dari Mogster) dan terus berjalan sampai kamu menemukan area dengan dua Moogles dan rumput yang tinggi. Kalau kamu berjalan di sepanjang rumput di bagian atas layar , kamu akan menemukan beberapa jalan setapak. Ambil salah satu dan terus berjalan sampai kamu melihat kolam dimana Quina mau menangkap katak. Bicaralah dengan Quina (anggap aja dia cewek), lalu tangkap katak untuknya. Nanti ia akan bergabung dengan kelompokmu. Kalau Quina sudah bergabung, kembalilah ke kolam dan tangkap katak lebih banyak lagi buat dia. Setelah kamu menangkap katak, guru Quinan akan menghadiahinya beberapa item dan kekuatan mantera Quina’s Frog Drop akan bertambah ( makan musuh katak di Qu’s Marsh supaya bisa mendapatkannya). Ketika menangkap katak, pastikan kamu mennyisakan satu katak jantan dan betina agar mereka tetap bisa berkembang biak nantinya. Juga ingat-ingat kalau Golden Frog bertelur dengan cepat. Biarkan mereka sendiri.

17. Gizamaluke’s Grotto

Setelah meninggalkan rawa, tambahkan karaktermu dan pelajari kemampuan baru. Kalau sudah siap, pergilah ke timur laut ke Gizamaluke’s Grotto. Setiba di sana kamu harus bertarung dengan sederetan ilmu hitam kamu akan mendapat Gizamaluke Bell setelah kamu berhasil menaklukkan penyihir hitam itu. Kamu cuma boleh menggunakan setiap bel/lonceng sekali aja untuk membuka salah satu pintu. Di belakang setiap pintu akan kamu temukan jalan untuk mendapatkan bel yang lain. Setelah kamu melewati salah satu pintu di ruang utama, kamu akan tiba di ruangan yang di dalamnya ada bel besar dan Moogle. Bicaralah pada Moogle dan berikan Vivi’s Kupo Nut untuk membebaskan Moogle lain yang terperangkap di bawah bel ini juga bisa membuka peti dengan Gizamaluke’s Bell yang lain. Ambil bel dan lewati pintu di sebelah kanan ruangan. Di sini ada Moogle yang di-save dan tanaman anggur yang merambat keluar. Saat ini jangan buang tanaman itu, kecuali kalau kamu ingin mati di tangan monster itu. Sebaiknya kembalilah ke ruangan sebelumnya (kamu akan menerima bel lain saat berjalan keluar) dan pastikan kelompokmu siap bertarung dengan boss, lalu ambil pintu kiri. Setelah kamu bicara dengan prajurit yang terluka, kamu harus melawan Gizamaluke. Metode pertarungan ini standar aja. Zidane harus menyerang atau mencuri . Freya dan Quina juga harus menyerang, sedangkan Vivi menggunakan magis Fire atau Thunder. Jaga agar poin pukulan setiap orang tetap penuh dengan potion, maka pertarungan akan lebih mudah. Setelah bertarung kelompokmu akan pergi dari Grotto . Eksyen akan kembali ke Dagger dan Steiner.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Alat di Harvest Moon Back to Nature

18. South Gate

Setelah menipu penjaga, kamu bisa masuk ke South Gate. Bicaralah dengan cowok yang sedang memperbaiki gerbang (jangan bunuh dia), lalu bilang pada bos-nya yang ada di kanan layar kalo pekerjanya itu lamban. Lalu bicara dengan cowok di atas layar dan hibur istrinya. Setelah dari pantai, pergilah ke lembah, ambil tiket dari penjaga, lalu kembali ke lembah lagi. Setelah Dagger keluar dari tas, lanjut ke area berikutnya. Di sini kamu bisa membeli item dan save game-mu. Kalau sudah siap, naik kereta api.

19. Burmecia

Kembali ke Gizamaluke’s Grotto, kamu akan mengambil kontrol kelompok lain. Setiba di overworld, menujulah ke utara sampai kamu ketemu area yang turun hujan. Di sinilah kamu menemukan kerajaan Burmecia. Terus jalan sampai kamu melihat gedung luas dengan banyak pintu. Kamu akan menemukan lebih banyak penyihir hitam lagi, lawan mereka, lalu lewati setiap pintu untuk mencari gedung. Ketika kamu berada di lantai tiga, kamu akan melihat papan kayu yang melintang di antara dua jalan. Kalau kamu menyeberangi papan itu, ia akan terjatuh. Jadi, kalau kamu mau petinya dulu, ambillah, lalu lari karena papan itu akan jatuh ke level bawah. Balik lagi ke lantai dua dan gunakan papan itu lagi untuk menyeberang di sisi lain. Teruskan sampai kamu tiba di balkon. Lompat ke sisi lain, lalu bicara dengan prajurit yang terluka. Cari bel di tempat tidur, lalu balik lagi ke pintu besar yang sebelumnya nggak bisa kamu buka. Gunakan bel untuk membuka pintu itu. Bergegaslah ke tangga, lalu setelah ada adegan di sana, kamu akan tiba di area dengan sebuah gedung yang berpintu besar. Masuklah ke gedung itu, lalu keluar lagi dan naik tangga. Kamu akan sampai di halaman gedung yang dikelilingi tembok dan dilengkapi dengan dua pintu dan satu jalan setapak di tengahnya. Ambil pintu yang kanan untuk poin yang disave dan kesempatan untuk membeli beberapa perlengkapan oke dari Moogle. Kemudian mundur dan ambil pintu kiri untuk mendapatkan Mythril Spear buat Freya. Setelah itu ambil jalan yang berada di antara dua pintu. Setelah kamu menyenangkan hati Freya, ia akan melompati dinding dan masuk ke puri. Ikuti dia dan kamu akan menyaksikan peristiwa yang mengejutkan.Sekarang giliranmu bertarung dengan Beatrix. Hati-hati, dia bisa membunuhmu. Terus serang dia dan pulihkan dirimu dengan Phoenix Downs dan Potions sampai dia menggunakan Stock Break dan mengambil satu HP setiap orang.

20. Supersoft

Dagger dan Steiner turun dan menunggu mobil lain yang lewat. Mampirlah di tempat singgah berikutnya yang ada di sebelah kanan. Bicaralah pada setiap orang (save-lah di Moogle). Dagger akan mendengar bunyi yang dikenalnya, jadi selidikilah. Setelah kamu berbincang-bincang dengan Cinna, Marcus, dan Steiner, ikuti mereka yang lalu menuju ke mobil yang baru saja tiba. Kamu nggak jauh dari mereka sebelum kereta berhenti. Kamu juga akan turun untuk bertarung lagi dengan Black Waltz #3. Ini pertarungan ‘enteng ‘, kok soalnya serangan Black Waltz menimbulkan sedikit damage dan mantera penyembuh Dagger akan memulihkan kondisi setiap orang. Setelah bertarung, kembalilah ke kereta dan menujulah ke jembatan selanjutnya. Ketika jalan bercabang, ambillah yang kanan, maka kamu akan sampai di overworld.

21. Treno

Pergilah ke tenggara sampai kamu tiba di kota Treno. Begitu memasuki kota ini, kelompokmu akan berpencar dan kamu akan menguasai Steiner. Amati setiap area di kota ini. Di toko senjata, kemungkinan kamu bertarung dengan monster untuk mendapatkan hadiah yang menarik, tapi kesempatan untuk menangnya sedikit/kecil, kecuali kalau kamu menggunakan tenda dan mendapatkan Poison/Darkness/ Silence Snake pada percobaan pertama. Ada juga Synth Shop lain di sebelah barat kota (kamu bisa menambah uang di toko ini kalau kamu punya Steepled Hats di inventory). Cotton Robe mengambil 1 Wrist, 1 Steepled Hat dan 1000 Gil, tapi jual 2000 Gil. Kalau kamu nggak punya Wrists, kembalilah ke Treno, ke South Gate, ambil jalan yang kiri untuk menuju ke overworld. Setelah itu balik lagi ke Dali dan belilah Wrists di toko yang ada di sana. Sayang, di sini kamu nggak bisa beli Steepled Hats. Jadi persedianmu cuma sebatas yang kamu dapatkan di Lindblum. Setelah puas berkeliling di Treno, pergilah ke Auction House dan temui Garnet. Di poin ini, kamu boleh bertarung di luar Treno untuk menambah uang supaya bisa beli item mahal yang dijual di Auction. Kamu juga bisa mempelajari kemampuan baru untuk perlengkapanmu ini nggak harus, kok, tapi akan sangat berguna nanti. Kalau kamu sudah siap, kembalilah ke Inn (Penginapan)/Bar, temui Marcus dan cari Supersoft. Akhirnya kamu akan tiba di Synth Shop dan bertemu dengan teman lama Dagger. Ikuti dia sampai ke rumahnya, yaitu di menara di batar Treno. Setelah kamu mendapat Supersoft dan bicara dengan Doctor Tot, ambil lubang palka di bawah tanah di dalam Gargan Roo.

Baca juga:  Walkthrough Final Fantasy 9 (FFIX) Part 4

22. Gargan Roo

Pergilah ke sudut kiri layar sampai kau temukan ruangan yang berisi tombol. Putar tombol, lalu ambil jalan yang kanan. Tot akan memberimu instruksi bagaimana menggunakan Gargant agar sampai di Alexandria. Ikuti petunjuknya dan kamu akan mengendarai Gargant sampai kamu harus berhadapan dengan boss dalam pertarungan yang mengejutkan. Nggak susah kok menaklukkan ular ini, apalagi kalau kamu menambah karaktermu di luar Treno. Gunakan Steiner dan Marcus, lalu sembuhkan dengan Dagger. Kalau kamu terkena racun, gunakan Antidote atau mantera Dagger’s Pancea sebagai penawar racun. Setelah bertarung, lanjutkan perjalananmu ke Alexandria. Kamu akan mengalami peristiwa yang tidak menguntungkan sebelum eksyen kembali ke kelompok Zidane.

23. Cleyra Trunk

Setelah kelompok ini sembuh dari pertarungan dengan Beatrix, mereka menuju ke Cleyra. Kota ini terlindung oleh badai pasir magis gampang kok menemukannya cari aja badai pasir kencang di barat daya. Tapi, meski udah melihat gulungan pasir, sebetulnya kamu belum tiba di Cleyra. Kamu harus memanjat dahan pohon yang besar untuk mencapai kota ini. Setelah itu ikuti jalan sampai kau temukan lubang hijau yang lebar si sebelah kiri dan ada rantai di dalamnya. Abaikan saja, lanjutkan perjalananmu sampai kau temukan tombol yang menghubungkan pasir ke area yang sebelumnya. Kembali ke lubang hijau dan keluarlah, pergilah ke kiri dan lanjutkan. Di dalam ruangan yang bepasir serap kamu langsung menuju jalan dimana kamu bisa melompat jika kamu menahan arah begitu kamu menepuk tombol Circle. Setelah ruangan dengan pasir serap, kamu akan segera tiba di kota Cleyra.

24. Cleyra

Setelah kamu berhasil mengontrol Zidane (dan berkeliling kalau kamu mau), masuklah ke ruangan di kanan pintu masuk kota untuk men-save game. Telusuri kota sampai kamu mendengar berita tentang perbuatan jahat Antlion, lalu kembali ke ruangan dengan pusaran pasir dekat gerbang masuk kota. Di sini kamu akan melihat Antlion dengan Puck di cakar/kukunya. Setelah Puck terbebas, kamu harus bertarung dengan Antlion (ini bakal jadi pertarungan seru kalau kamu nggak menurunkan level kelompokmu). Pastikan agar Freya selalu melompat untuk menghindari serangan Antlion. Lalu gunakan Potions dan Phoenix Downs kalau perlu bahkan di poin ini kamu juga pingin pakai Hi-Potions. Setelah mengalahkan Antlion, beberapa peristiwa terjadi dan menyebabkan kelompokmu kembali ke batang pohon Cleyra. Ikuti kelompok ini sampai mereka sadar kalau mereka terjebak dan kembali ke kota. Sebelum kamu tiba di kota, kamu harus harus menyelamatkan penduduk kota itu dulu. Arahkan mereka ke kanan atas kota, lalu ke Cathedral (makin banyak orang yang kamu selamatkan, makin banyak item yang nanti bakal kamu terima dari mereka). Setelah Freya menyadari kesedihannya karena kehilangan cinta, kamu harus berhadapan dengan Beatrix lagi. Buat kesepakatan dengannya sama seperti yang pernah kamu lakukan dulu, dan akan membawa hasil yang sama juga. Ikuti penyihir hitam setelah pertarungan, maka kamu akan sampai di pesawat udara Red Rose. Nggak banyak yang bisa kamu lakukan di sini selain mengikuti petunjuk. Kamu akan kembali ke Alexandria.

25. Alexandria

Adegan beralih ke Steiner dan Marcus yang terperangkap di kandang. Kalau kamu mau mengayunkan kandang itu, rahasianya adalah mendorong ke arah kanan saat kamu melewati bagian tengah layar. Setelah beberapa ayunan, kamu akan lolos. Perlengkapi Steiner dengan macam-macam senjata dan baju baja yang kamu beli dari kelompok lain. Kemudian bergeraklah ke kiri, cepat atau kamu bakal ditangkap oleh tentara Alexandria. Begitu naik tangga, kamu akan bertemu dengan anggota Red Rose lainnya. Dan anggotamu yang sekarang adalah Zidane, Steiner, Vivi dan Freya. Kamu punya waktu 30 menit untuk menemukan Dagger. Kalau kamu menggunakan Auto-Potion pada karaktermu, berarti kamu nggak mau melengkapinya karena tentara Alexandrian tidak menimbulkan banyak damage dan Auto-Potion membuang banyak waktu. Terus masuk ke puri lewat gerbang utama. Kalau ke perpustakaan, kamu akan menemukan sebuah buku di rak bagian atas. Abaikan saja sampai kamu (minimal) punya sisa waktu 20 menit dan kelompokmu berada di atas level 20. Kalau kamu menemukan keperluan-keperluan lain, kembalikan Auto-Potion dan amati rak buku untuk memulai pertarungan dengan boss. Kamu nggak bisa menimbulkan damage padanya ketika ia berada dekat denganmu. Vivi harus menggunakan Focus dan setiap anggota harus menyerang sampai kamu berhasil membuka kedok boss. Gunakan seranganmu yang paling ampuh termasuk Vivi’s Fira. Kalau kamu nggak membunuh boss itu pada kesempatan pertama, dia akan terus mendekat dan kalian harus bertarung lagi. Kalau menang, kamu akan dapat Running Shoes yang memungkinkan kamu mempelajari Auto-Haste.Setelah bertarung, balik lagi aja ke hall utama dan naik tangga. Kembali ke balkon tempat Zidane pertama kali bertemu Garnet. Lalu lewati pintu dimana ia kabur ke Queen’s Chamber. Perhatikan lilin ungu di dinding agar bisa membuka jalan masuk. Terus jalan ke hall dan kamu akan menemukan ruangan tempat Dagger ditahan oleh Zorn dan Thorn. Sebetulnya mereka nggak terlalu kuat kamu hanya perlu mengalahkan salah satu dari mereka aja supaya menang. Setelah pertarungan ini, penunjuk waktu (timer) akan berhenti, jadi cepat selamatkan Dagger, terus kembali ke Queen’s Chamber, ketemu lagi dengan Beatrix. Bernegosiasilah dengan dia, sama kayak dulu. Setelah ia berhasil mengalahkanmu, saksikan peristiwaperistiwa yang mengikutinya. Cepat ambil kontrol kelompok yang terdiri dari Freya dan Beatrix (monsternya mudah ditaklukkan dengan serangan normal). Sehabis interupsi singkat ini, kamu akan mengambil alih kelompok Zidane lagi. Kembali ke area dimana Dagger ditangkap, tapi kali ini menujulah ke pintu di pojok agar kamu sampai di area tempat Steiner, Dagger, dan Marcus ditangkap. Kamu juga akan ditangkap, tapi beberapa teman lamamu akan datang menyelamatkanmu. Begitu terbebas, kendarai Gargant menuju pertarungan boss. Boss gampang dikalahkan, tapi ia menggunakan teknik yang bisa menyebabkan satus Mini padamu (keadaan ini nggak ada penyembuhnya, kecuali beberapa Remedies sebelumnya). Kalau boss menyerang, jangan balas. Tapi, pastikan kalau setiap orang sudah sembuh. Vivi harus menggunakan Focus. Lanjutkan dengan taktik ini sampai kamu menang. Setelah bertarung, kamu mengendarai Gargant lagi, tapi per-jalananmu ke Treno akan berlangsung lebih singkat.

Baca juga:  Walkthrough dan Biodata Gina HM Hero of Leaf Valley

26. Pinnacle Rocks

Kamu perlu bicara dengan Ramuh, yang akan mengirimmu untuk menemukan beberapa bagian ceritanya amati area ini dengan seksama dan kamu nggak akan mendapat masalah. Kalau kamu sudah menemukan potongan-potongan cerita itu, cari Ramuh dangabungkan empat bagian cerita pertama (kamu dapat memilih Human atau Hero untuk akhir cerita). Setelah kamu meninggalkan Pinnacle Rocks, kamu akan melihat FMV dan tiba di Lindblum yang sekarang sudah hancur.

27. Lindblum

Bicaralah dengan Cid, lalu beli beberapa perlengkapan dan save game. Beri tahu cowok yang menunggu di air mancur bahwa kamu siap untuk pergi. Cid akan membawamu ke Dragon Gate di luar puri, dan kamu akan kembali ke overworld.

28. Fossil Roo

Kembalilah ke Qu’s Marsh dan temukan Quina di kolam katak. Dia akan mengantarmu ke pintu masuk Fossil Roo yang tersembunyi. Kalau kamu memukul pisau-pisau berayun di sepanjang jalan setapak di dalam, pisau-pisau itu tidak akan menimbulkan damage padamu, cuma memper-lambat saja. Kalau kamu memukul monster yang mengejarmu, lawanlah dia secara normal; nggak sulit, kok. Terus lawan sampai kamu bertarung dengan Lani. Kalau kamu punya Auto-Potion, aktifkan untuk semua anggotamu, ini bukan pertarungan yang berat. Kamu bisa melemparkan Blind pada Lani agar serangan fisiknya hilang. Setelah pertarungan itu, lanjutkan perjalananmu sampai kamu ketemu ruangan yang ada proses penggalian di dalamnya. Save di Moogle, lalu tekan tombol yang diarahkan oleh pencuri. Untuk mengendarai Gargant, petik aja bunga, lalu cari lokasi tempat Field Icon muncul, lalu tekan Circle. Kalau kamu tiba di ruangan itu dengan tanaman merambat di dinding belakangnya, panjat tanaman itu ke arah kanan, lalu ke kiri untuk menghindari pancaran air. Bersiap-siaplah berangkat, lalu tekan tombol di kiri atas ruangan. Kemudian turun dan kembali ke ruangan sebelumnya. Bawa Gargant keluar dan pergilah ke Outer Continent.

Close