Walkthrough Final Fantasy 9 (FFIX) Part 1

:hai: Game Final Fantasy IX adalah game yang sangat saya sukai sejak kecil saat bermain PS1. Menurut saya game ini punya grafik yang baik pada zamannya, punya jalan cerita yang keren dan yang paling saya sukai adalah banyak mini game, side quests dan hal details lainnya yang membuat saya penasaran untuk bermain game se-perfect mungkin. :ganteng: Kebetulan di Tahun 2016 ini Final Fantasy IX kembali dirilis untuk OS Android yang tentunya mengajak kita untuk bernostalgia bermain game ini dan membuka catatan walkthrough Final Fantasy 9 lama yang kita simpan. :jempol:

Walkthrough Final Fantasy 9 FF IX Part 1Tapi bagi kalian yang tidak memiliki smartphone yang cukup untuk bermain game Final Fantasy 9 ini karena memang membutuhkan space memory yang cukup besar sekitar 1,5 GB, kalian bisa memainkannya dengan menggunakan emulator FPse atau yang lainnya. :hehe: Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membantu untuk memperjelas jalan cerita atau walkthrough Final Fantasy 9 lengkap step by step untuk mempermudah kamu menyelesaikan setiap misi sampai selesai. :jempol: Jangan terburu-buru karena disetiap misi kalian bisa mendapatkan item dengan tanda seru (!) disetiap sudut tempat dan kalian juga bisa melakukan leveling up atau berjalan-jalan di luar jalan cerita, mencari musuh untuk mendapatkan exp yang banyak dan menaikan level karakter agar lebih mudah saat melawan Boss nanti. :ide:

Inilah Walkthrough Final Fantasy 9 Bagian Pertama :

01. Aboard the Prima Vista

Sebelum kamu menyalakan lilin, cari ruangan yang berisi potion dan 47 GIL. Setelah lilin itu dinyalakan, terjadi percakapan, lalu kamu melakukan pertarungan pertama. Curi semua item boss, kemudian gunakan serangan fisik aja supaya menang.

02. Alexandria

Setelah kamu berhasil mengontrol Vivi, kembali ke pintu yang tadi kamu lewati, cari beberapa kartu dan item, lalu balik lagi ke jalan utama untuk melanjutkan perjalanan. Pastikan mencari item dan GIL (perhatikan Field Icon) di setiap sudut dan celah. Ketika sudah tiba di town square (alun-alun kota), pergilah ke loket. (Di permainan lompat tali, tekan tombol kanan begitu kamu menginjak/menyentuh tanah. Bisakah kamu melompat 1000 kali biar bisa jadi master lompat tali?) Kamu akan menerima beberapa kabar mengecewakan, jadi pergilah ke kiri-bawah alun-alun kota melalui gang. Ketika Rat Kid memintamu menjadi pelayannya, bilang “no”. Lanjutkan perjalananmu di gang (rampok item yang ada di rumah di sana). Kalau kamu menaiki tangga menara lalu membunyikan lonceng, kamu akan menerima lebih banyak kartu. Kembalilah ke gang, Rat Kid ada di sina lagi. Kali ini kamu harus mau jadi pelayannya. Bilang padanya bahwa tidak ada orang yang datang, lalu ikuti dia. Di menara kamu akan menemui Moogle pertama (Moogle berlaku seperti poin penyelamat tempat kamu menggunakan tent (tenda) dan save game-mu). Terus buntuti Rat Kid sampai ke bubungan atap. (Penduduk Alexandria menabung di bubungan atap karena berbagai alasan).Begitu kamu berhasil mencapai puri, game dimulai

03. I Want to be Your Canary

Jangan cemas soal pertarungan, itu palsu. Teruslah menyerang sampai kamu menang. Mantera-mantera hanya diperlihatkan, jangan menimbulkan damage pada yang lain. Kalau kamu mengalami pertempuran pedang (sword battle), ikuti saja petunjuk di layar (on-screen directions) untuk menarik hati penonton. Semakin baik kamu melakukannya, semakin banyak penghargaan yang kamu terima. Kamu boleh mencoba berkali-kali, jadi coba 100%!

04. Alexandria Castle

Naiklah ke atas ke tangga, temui “Mysterious Hooded Girl,” lalu saksikan sebuah peristiwa. Ketika kamu berhasil mengontrol Steiner, kembalilah ke balkon dan bicara dengan ratu untuk mendapatkan Silk Shirt. Kemudian turun tangga (di dalam tempat tinggal satria, ada Moogle yang di-save di sebelah kanan). Kembali ke Hallway dan menujulah ke hall utama. Lalu, turuni tangga di bawah lukisan yang ada di ujung hall. Keluarlah ke Courtyard. Belok kiri dan ikuti jalan setapak ke West Tower, naik tangga sampai ke puncaknya.

Baca juga:  Walkthrough dan Biodata Gina HM Hero of Leaf Valley

Taktik : Auto-Potion + Auto-Regen Combo

Auto-Potion dan Auto-Regen sangat bermanfaat. Jika keduanya dikombinasikan dengan setiap anggota kelompokmu, kalian nggak bakal terkalahkan. Regen akan terus memulihkanmu ketika kamu sedang melakukan serangan senjata, mantera, panggilan, atau pun yang lain. Bahkan saat musuhmu melakukan serangan. Untuk mengaktifkan Auto-Potion perlu waktu beberapa detik (selama itu Regen tetap mengambil efek). Kalau setiap anggotamu punya dua kemampuan ini dan mengaktifkannya, setiap serangan akan mengeluarkan Auto-Potion dan setiap orang akan mendapatkan kehidupan dari Regen saat ia sedang menyempurnakan diri. Tambahkan Auto-Haste dan Chemist pada efek kombo.

05. Aboard the Prima Vista (2)

Setelah kamu dapat mengontrol Zidane, ikuti Garnet ke ruangan berikutnya dan bicaralah pada Ruby. Ketika kamu mampir ke ruang mesin, berbaliklah, dan putar kontrol tekanan roda (pressure control whell) ke kanan, lalu ke kiri peti harta bakal muncul di bagian lain di ruangan itu. Setelah itu, berjalanlah di sepanjang plang yang menuju ke kiri dan turuni tangga . Buka peti untuk mendapatkan Phoenix Down dari carilah di belakang mesin untuk Phoenix Pinion. Balik lagi melalui pintu dan bertarunglah dengan Steiner. Jangan cuma gunakan serangan fisiknya, sekalian curi aja (nggak usah cemas kalau Cinna KO). Lanjutkan sampai kamu bertarung dengan Steiner lagi. Sayang, saat pertarungan ini kamu nggak bisa mencuri, jadi keluarkan aja dua Pluto Knights, lalu Steiner. Kalau perlu, gunakan mantera Garnet’s Cure. Amati FMV, lalu bersiap-siaplah bertarung lagi. Abaikan Bomb dan serangan Steiner sampai pertarungan berakhir dengan otomatis dan rangkaian FMV lain dimulai.

06. Crash Site

Di sini kamu akan melihat ATE-mu yang pertama (meskipun sebagian besar ATE boleh dipilih, mereka betul-betul menampilkan peristiwa yang menarik. Kalau kamu mau, perhatikan ATE, lalu save di Moogle terdekat. Pergilah melewati balok yang dilubangi di pojok layar dan masuki Forest.

07. Evil Forest

Ini area pertama tempat kamu menemukan pertarungan-pertarungan secara sembarangan, jadi pastikan perlengkapanmu lengkap. Sangat bijaksana kalau kamu mau bertarung di sini, karena kamu akan terbiasa dengan battle engine dan berguna untuk meningkatkan satu atau dua level sebelum kamu berjalan terus. Kamu juga bisa kembali, gunakan tenda, dan save di Moogle kalau perlu. Kalau sudah siap, pindahlah ke ruang berikutnya dan lawan boss pertamamu. Tujuan utama dalam pertarungan ini adalah menaklukkan tanaman sementara menyelamatkan putri ini adalah pertarungan pertama yang membawamu ke Trance, maka gunakan kekuatan barumu untuk mengalahkan tanaman itu dengan cepat. Kalau kamu mengalami kesulitan saat mengalahkan boss dan keadaan Garnet semakin parah, gunakan potion padanya untuk memulihkan poin pukulannya. Kalau pun menang, jangan sombong. Kamu masih harus mengalahkan tanaman lain walaupun kali ini Vivi memberimu beberapa asisten. Lakukanlah transaksi yang sama dengan yang sebelumnya. Setelah tanaman itu meninggalkanmu dengan kejutan yang menyebalkan, kamu akan terbangun di Prima Vista.

Baca juga:  Walkthrough Harvest Moon BTN Summer Tahun Pertama

08. Prima Vista

Turun tangga dan masuk ke ruangan di sebelah kanan. Bicaralah dengan Vivi, lalu turun lagi ke dek bawah untuk berbicara dengan Baku. Ia punya sejumlah damage, tapi kadang-kadang ia bepergian dan tidak menyerang. Kalau kamu punya potion, artinya kamu akan aman untuk mencuri beberapa itemnya sebelum kamu menyerangnya. Sebaliknya, pukul dengan serangan normal sampai dia terjatuh. Setelah bertarung, naik lagi dan lewat pintu masuk ke Instrument Storage Room. Bicaralah pada Steiner, lalu Vivi. Sekarang kembalilah ke ruang muatan (cargo), lalu keluar. Sebelum kamu berangkat, lengkapi dengan senjata baru dan baju baja yang kamu temukan atau curi dari dalam kapal pastikan untuk mencatat kemampuan yang dimilikinya, karena kamu boleh mempelajari kemampuan dari perlengkapan yang lemah sebelum menukarnya dengan yang baru. Di sini kamu juga bisa membeli item dari Cinna. Pastikan punya stok potion yang banyak, karena sekarang kamu nggak punya penyembuh magis. Disarankan juga untuk punya beberapa item lain. Save di Moogle, lalu kembali ke hutan.

09. Evil Forest (2)

Ketika kamu bertarung di sini (atau kali lain dalam game ini) dengan Steiner dan Vivi, Steiner bisa menggunakan teknik Sword Magic, yang memungkinkan dia menerapkan mantera apa pun. Dan mantera pada serangan Steiner itu sudah ditambahkan damage oleh Vivi (ini menyebabkan MP-nya Steiner yang meningkat, bukan Vivi). Cari jalan ke hutan dan temukan healing spring (mata air yang dapat menyembuhkan). Di sini kamu dapat melengkapi misi Mognet pertamamu dengan Moogle. Setelah kamu disembuhkan di mata air ini, lanjutkan ke kanan. Kalau melihat FMV, yakinlah bahwa kamu siap bertarung. Lalu pergilah ke ruangan lain dan kamu akan bertemu dengan boss sungguhan yang pertama. Gunakan Steiner’s Magic Sword dan Fire sampai Steiner kehabisan MP. Vivi harus melemparkan Fire dan Zidane harus mencuri atau berputar arah. Kalau Plant Brain bikin matamu buta dengan Pollen-nya, jangan ragu-ragu gunakan Eye Drops pada siapa pun kecuali Zidane (bahkan kalau ia buta, Steiner tetap bisa memukul dengan Magic Sword, dan Vivi seharusnya tidak melakukan serangan fisik). Begitu kamu menimbulkan banyak damage, Blank mau bergabung dalam pertarungan. Ia juga bisa mencuri, jadi kalau kamu belum mengambil Plant Brain’s Iron Helm, suruh Zidane atau Blank atau keduanya untuk mendapatkannya. Tetaplah bertarung sampai kamu mendapatkannya. Sekarang saatnya lari. Segera setelah kamu mendapat kontrol, pergilah ke subscreen dan sembuhkan orang yang terluka saat bertarung dengan boss. Kalau kamu tertangkap (walaupun baru sekali), lawan aja tanaman itu mereka nggak sekuat yang kamu bayangkan, kok dan tetap lari sampai kamu meraih FMV. Events unfold (sama seperti pelajaran dari Mogster) dan akhirnya kamu dapat menguasai dunia untuk pertama kalinya.

10. Mist Continent

Kali ini kamu harus menambah sedikit karakter. Pelajarilah ability (kemampuan) yang paling berguna dari perlengkapanmu, lalu raihlah beberapa level. Kalau kamu sudah siap, pergilah ke selatan Ice Caver -, (Kalau kamu perlu potion, ambillah jalan memutar ke barat dan masuki Melda Arch tempat seorang cewek yang menjual obat padamu dari balik pintu.)

11. Ice Cavern

Di sini menghindarlah dari hembusan angin yang kencang atau kamu harus bertarung dengan Wyerd (kalau ini terjadi, gunakan Vivi’s Fire atau Steiner’s Fire Sword agar bisa mengalahkan Wyerd dengan mudah). Hati-hati dengan dinding es yang bisa dicairkan Vivi agar bisa membuka peti dan jalan-jalan tersembunyi (carilah dinding sebelah atas Icicle Field untuk menemukan Elixer). Kalau jalan itu bercabang, ambil jalan yang kiri dan temukan Moogle. Kemudian balik lagi dan ambil jalan yang kanan. Setelah adegan yang bersuasana udara dingin, Zidane terjaga. Pastikan bahwa kamu juga sudah pulih total, lalu pergilah ke ruangan berikutnya untuk bertarung dengan boss. Di sini kamu juga bakal happy karena bisa menambah karaktermu, karena Zidane menantang boss-boss itu sendirian. Kalau kamu berada di Trance selama pertarungan, hal itu malah memudahkan. Kalau kamu nggak ada di situ, kamu tetap oke selama kamu dilengkapi dengan potion. Pertama-tama ambil Black Waltz, lalu konsentrasilah pada Sealion (kalau kamu pe-de, kamu bisa bertahan, curilah beberapa peralatan). Setelah kamu bergabung lagi dengan kelompokmu, kembalilah ke ruangan tempat kamu bertarung dengan boss lalu keluar dari Ice Cavern.

Baca juga:  Walkthrough Final Fantasy 9 (FFIX) Part 2

12. Dali

Begitu kamu meninggalkan Ice Cavern, pergilah ke desa Dali. Ketika kamu tiba di desa itu, tinggallah di penginapan, kelompokmu akan berpencar untuk sementara waktu. Setelah kamu berhasil mengontrol Zidane, tinggalkan penginapan dan cari Vivi. Setelah bicara dengannya, pergilah ke toko perlengkapan/peralatan untuk mencari putri, yang telah mengubah namanya menjadi Dagger. Bicaralah padanya, upgrade perlengkapanmu di toko itu, kemudian balik lagi ke penginapan. Setelah bertemu dengan Dagger, teruskan pencarian Vivi. Kembali ke tempat dimana kamu pernah menemukan dia sebelumnya, cari juga pipa kecil di lantai di sebelah kiri, di sebelah gedung. Lalu, masuk ke gedung kincir angin di sebelah kiri dan seorang anak yang menjaga lubang palka di kiri akan hilang. Sekarang kamu bisa masuk ke lubang itu. Setelah tiba di bawah tanah, ikuti jalan sampai kamu menemukan Vivi yang terjebak di dalam mobil. Bebaskan dia dan dia akan bergabung dengan kelompokmu lagi. Sekarang lanjutkan dengan melalui ruangan-ruangan di sebelah kanan sampai eksyennya kembali ke Steiner.

13. Mountain Observatory / Cargo Ship Landing Site

Ikuti pria tua untuk turun gunung dan masuklah ke rumahnya. Bicara dengan pria tua itu, lalu pergilah ke overworld. Setelah Steiner berhasil tiba di Cargo Ship Landing Site, ia akan menemukan mobil yang memuat anggota kelompok yang lain (jangan cemas, kedua pilihan yang akan kamu tawarkan memungkinkan mereka untuk melarikan diri). Setelah mereka berbincang-bincang, Black Waltz yang lain terbang dan kini saatnya bertarung lagi. Seperti biasa, curi atau serang dengan Zidane. Steiner dan Vivi harus menggunakan Sword Magic dan mantera-mantera, tapi jangan gunakan Fire (Black Waltz akan menghukummu). Gunakan Dagger untuk memulihkan kelompokmu mantera Cure (Penyembuh)nya dapat memulihkan keadaan kondisi kelompokmu kalau kau berikan pada setiap orang. Kalau Black Waltz mengambil beberapa karaktermu, cepat gunakan Phoenix Down untuk menghidupkan mereka lagi. Setelah bertarung, kamu boleh meninggalkan cargo ship (kapal pengangkut barang) atau kembali ke kota untuk penyembuhan, save, atau membeli perlengkapan atau keperluan lain sebelum kamu melanjutkan perjalanan. Kalau sudah siap, lompat lagi ke kapal.

14. Cargo Ship

Maju dan naik ke dek atas kapal. Masuk ke kokpit dan setelah sederetan peristiwa kini giliran Black Waltz #3 bertarung denganmu. Kali ini kamu bisa menggunakan magis apa aja yang kamu mau. Keluarkan serangan terbaik dari setiap karakter. Setelah FMV yang bagus, kamu akan berakhir di Lindblum.

Close