Tutorial Kalibrasi Baterai Pada HH Android

Tidak bisa di pungkiri pasti kita merasakan kejanggalan pada HH kita setelah beberapa bulan. Baterai Android kita menjadi cepat habis, tidak seperti saat HH kita masih baru. Dalam kondisi lain mungkin setelah kita memasang custom rom dan mengganti kernel, baterai HH kita juga menjadi lebih boros dan tidak stabil.

Jika itu terjadi, maka hal tersebut dikarenakan baterai kita yang tidak terkalibrasi dengan sempurna. Untuk solusinya, kita harus melakukan kalibrasi ulang pada baterai. Berikut akan saya bagikan, cara termudah untuk mengkalibrasi baterai HH Android.

Cara Mengkalibrasi Ulang Baterai HP Android:

1) Charge/isi baterai dalam keadaan HH dimatikan dan pastikan saat HH dihidupkan isi baterai harus sampai penuh 100%.

2) Setelah penuh 100%, nyalakan HH (ingat, jangan lepas charger terlebih dahulu dari HH kamu) lalu buka rootex, x-plore atau aplikasi explore lain yang bisa mengakses root superuser.

3) Kemudian masuk ke path root/data/system/ dan hapus file batterystatus.bin di folder itu.

4) Cabut charger tepat setelah file batterystatus.bin terhapus.

Apa Kamu Tau  Walkthrough Harvest Moon BTN Spring Tahun Pertama

5) Bisa juga pakai app calibrator yg banyak dishare di google atau playstore (tenang saja ukuran filenya kecil).

6) Jika kita pakai app, biasanya sudah ada tutor di dalamnya. Prinsipnya masih sama seperti yang saya jabarkan di atas.

7) Kemudian gunakan HH dengan pemakaian normal dan pakai sampai baterai benar-benar habis atau mati dengan sendirinya. Ini tidak wajib dilakukan, tapi sangat disarankan. Jika dirasa berbahaya, kita cukup gunakan baterai sampai tersisa 1% saja.

8) Lalu charge lagi HH sampai penuh 100% dalam kondisi mati ataupun hidup tanpa terputus. Hal ini dilakukan untuk menetapkan tingkat  standar kemampuan baterai menyimpan arus.

9) Setelah penuh, nyalakan lagi HHnya pasti akan kembali normal dengan indikator menunjukan keadaan baterai 100%.

10) Selamat tutorial sudah selesai, kemampuan baterai akan normal kembali setelah melakukan 2-3 kali charge kedepan setelah kalibrasi ini dilakukan.

Meskipun tutorial ini sudah dilakukan sebaik mungkin, tapi sebenarnya kembali lagi kepada kondisi fisik baterai kamu. Tergantung pada keadaan baterai kamu, apakah masih dalam keadaan yang optimal (layak pakai) atau memang sudah lama digunakan dan harus diganti dengan baterai baru. Baterai cepat habis bisa di sebabkan oleh app yg membuat HH tidak tertidur atau memasuki fase sleep mode. Ini di sebabkan oleh app yg terus melakukan singkronisasi berkala layaknya app sosial media dan app google yang terus melakukan pengiriman data ke server.

Apa Kamu Tau  Walkthrough Harvest Moon BTN Summer Tahun Pertama

Semakin banyak app yang diinstall, maka akan membuat HH menjadi berat dan CPU clockspeed akan terus pada kecepatan yang tinggi. Perlu diingat juga, semakin besar layar HH kita, maka akan semakin besar juga tenaga yang dikuras dari baterai kita. Ketika pertama kali memutuskan untuk membeli HH Android, jangan terpukau dengan kualitas layar HH yang jernih, jika kapasitas baterai HH itu ternyata masih dikatakan rendah atau standar untuk layar HH yang lebih kecil.

Ada beberapa tips tambahan dari saya sendiri dan mbah saya (Gugel) supaya baterai tetap pada kondisi optimal. Coba simak beberapa tips berikut:
1) Charge HH sebelum muncul peringatan baterai low. Kenapa? Karena setelah muncul tanda itu maka, HH kita akan melakukan Full Charge, dengan proses yg sangat berat. Bagi yang masih menggunakan Baterai ori sih tidak apa. Untuk yang sudah pernah mengganti baterai, lain lagi ceritanya. Biasanya tanda baterai low muncul saat isi baterai 15-20% lagi, jadi charge HH kamu pada kisaran 25%, intinya jangan tunggu sampai HH memunculkan peringatan untuk segera mencharge baterai kamu.
2) Melakukan charge dalam keadaan HH yang dimatikan adalah tindakan yang lebih baik dari pada HH dalam kondisi hidup atau malah sedang dipakai, karena tidak ada arus keluar masuk yang menyebabkan baterai menjadi cepat aus.
Sekian tutorial dan tips dari saya yang bisa saya bagikan di tulisan sekarang ini mengenai baterai Si Robot Ijo kesayangan kita. Semoga bermanfaat dan selamat mempraktekan tutorialnya.

Mungkin Anda juga menyukai