Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bootloop kerap dialami oleh berbagai tipe hp android. Meskipun hp tersebut memiliki spesifikasi tinggi, bootloop kemungkinan bisa saja terjadi. Penyebab bootloop sendiri bermacam-macam. Misalnya saja proses rooting yang salah, gagalnya upgrade OS, Custom ROM yang mengalami corrupt, dsb. Msalah terkait flashing firmware yang tidak berhasil juga bisa menjadi sebabnya. Bootloop pada android sendiri bisa dibagi menjadi tiga jenis. Yakni Light, Medium, hingga Hard Bootloop.

Setiap jenis bootloop memerlukan trik tersendiri. Persamaannya pada proses perbaikannya, anda harus masuk ke recovery mode. Recovery mode akan memudahkan anda untuk melakukan perbaikan. Cara melalui recovery mode ini bisa anda lakukan secara mandiri. Namun jika ingin melakukan flashing firmware, anda bisa meminta bantuan service center untuk mendapakan pengaturan yang sesuai. Berikut ini ulasan lebih lanjut untuk tips mengatasi bootloop di hp android dengan cepat.

Baca  Cara Mendapatkan Alat di Harvest Moon Back to Nature

Tips Mengatasi Bootloop di HP Android

Tips Mengatasi Bootloop di HP Android Mudah dan Cepat

Hapus cache sistem

Untuk menghapus cache sistem, anda perlu masuk ke Recovery Mode. Untuk masuk ke mode ini, setiap tipe ponsel caranya berbeda. Namun kebanyakan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Down secara bersamaan dan beberapa saat sampai muncul logo ponsel. Lepaskan kedua tombol dan pilih Recovery Mode. Tekan menu Advanced dan pilih Wipe-Dalvick Cache. Tekan Mounts & Storage dan klik Wipe/Cache. Matikan ponsel dan hidupkan kembali.

Wipe cache partition

Wipe cache partition bisa anda gunakan untuk membersihkan file cache di bagian partisi memori. Masuk ke menu Recovery Mode seperti cara pertama. Kemudian pilih opsi Wipe Cache Partition. Jika muncul pop-up untuk konfirmasi, anda bisa menekan tombol Yes. Kemudian tekan opsi selesai. Biasanya wipe cache partition dilakukan untuk mengatasi tipe bootloop medium.

Baca  Cara Main Mobile Legend Untuk Pemula

Wipe data/factory reset

Untuk jenis bootloop tipe berat, melakukan factory reset bisa menjadi solusi anda. Untuk melakukan cara tersebut, anda bisa masuk ke Recovery Mode seperti poin 1 dan 2. Kemudian tekan pilihan menu Backup and Restore. Klik pilihan Backup. Anda bisa memilih Wipe Data/Factory Reset. Klik Yes jika mendapati pesan notifikasi. Kemudian tekan selesai dan hidupkan smartphone seperti biasa.

Flashing/Install Firmware

Sebelum melakukan flashing atau menginstall firmware, pastikan anda sudah memiliki Stock ROM atau Firmware terlebih dulu. Anda bisa mencari firmware sesuai tipe smartphone tersebut di Google. Masukan kata kunci firmware dan tipe smartphone anda. Untuk melakukan flashing ini, anda bisa langsung melalui SD Card, Flashing Tools, PC atau Via Odin. Jika memang kesulitan melakukan flashing, anda bisa meminta bantuan ke service center.

Baca  Cara Kalibrasi Baterai Pada HH Android

Biasanya sampai di tahap factory reset, android akan kembali normal. Namun jika masih error, anda bisa melakukan flashing atau bisa langsung membawanya ke service center. Semoga bermanfaat.


amangudan

Salah satu tugas kita hidup adalah untuk membantu orang lain. Jika kita tidak bisa membantu orang lain, setidaknya kita tidak menyusahkan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.