Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kinerja sebuah android sangat bergantung pada kapasitas RAM. Jika RAMnya penuh, maka android akan kesulitan dalam menjalankan perintah. Misalnya melakukan multitasking, menyimpan data, hingga menjalankan aplikasi. RAM yang sering penuh tidak berarti karena kapasitasnya kecil. Bisa jadi kapasitasnya yang besar namun tetap penuh sementara aplikasi yang dipasang tidak begitu banyak. Mengatasi RAM penuh juga berhubungan dengan memori internalnya.

Jika memori internalnya penuh, maka kapasitas RAM juga akan cepat penuh. Cache aplikasi yang menumpuk juga turut berpengaruh. Anda bisa melakukan pengoptimalan kapasitas RAM secara manual atau bisa menggunakan bantuan aplikasi. Aplikasi berjenis booster dan cleaner bisa menjadi opsi anda dalam mengatasi RAM yang sering penuh. Nah, bagi yang memiliki masalah demikian, berikut beberapa trik dalam mengatasinya.

Baca  Hari Ulang Tahun Karakter Harvest Moon BTN

Trik Mengatasi RAM Android Penuh

Cara Mengatasi RAM Android yang Sering Penuh

Hentikan aplikasi secara paksa

Cek aplikasi mana yang jarang digunakan. Kemudian berhentikan secara paksa agar tidak membebani kinerja RAM. Untuk memberhentikan kinerja aplikasi, anda bisa membuka menu Pengaturan kemudian klik Setelan Tambahan. Pilih opsi Manajemen Aplikasi dan cari nama aplikasi yang akan anda berhentikan paksa. Tap opsi Paksa Berhenti dan klik Hapus Data.

Pindahkan aplikasi dari internal ke eksternal memori

Untuk memindahkan aplikasi dari internal ke eksternal memori, anda bisa membuka menu Pengaturan. Kemudian tekan Aplikasi dan tap menu Unduhan. Cari nama aplikasi yang akan dipindahkan dan tap Pindahkan ke Kartu SD. Cara satu ini memang tidak berpengaruh langsung ke RAM. Namun bisa menjadi alternatif agar space penyimpanan lebih lega dan kinerja RAM lebih optimal.

Baca  Cara Kalibrasi Baterai Pada HH Android

Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Hapus aplikasi yang jarang digunakan. Jika aplikasi bawaan yang terlalu banyak, anda bisa menonaktifkan kinerjanya. Cara tersebut akan membuat fitur penyimpanan lebih lega. Memori internal juga memiliki space cukup banyak sehingga kinerja android lebih optimal. Buka menu Pengaturan. Kemudian klik Aplikasi dan tekan Unduhan. Cari nama Aplikasi Bawaan kemudian tekan opsi Nonaktifkan.

Bersihkan cache secara rutin

Bersihkan file cache secara rutin agar kinerja android tetap optimal dan penggunaan RAM lebih maksimal. Dampak error seperti Lag, Force Close Aplikasi, atau pesan error lainnya juga bisa diminimalisir dengan membersihkan cache. Anda bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk pembersihan otomatis. Atau bisa dengan cara manual. Buka Pengaturan dan klik Setelan Tambahan. Tekan opsi Manajemen Aplikasi dan pilih aplikasi yang anda inginkan. Kemudian klik Hapus Cache.

Baca  Walkthrough Harvest Moon BTN Fall Tahun Pertama

Gunakan aplikasi booster

Aplikasi booster bermanfaat untuk meningkatkan peforma android secara optimal. Dengan peforma android yang meningkat, penggunaan RAM lebih optimal dan smartphone tidak mudah lemot. Ada beberapa jenis aplikasi booster di Play Store. Misalnya CM Booster, Clean Master, Tap Booster, dll. Anda bisa menggunakan keyword Aplikasi Booster di pencarian Play Store untuk memilih tipe aplikasi yang sesuai.

Metode diatas bisa anda lakukan untuk semua jenis perangkat smartphone. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


amangudan

Salah satu tugas kita hidup adalah untuk membantu orang lain. Jika kita tidak bisa membantu orang lain, setidaknya kita tidak menyusahkan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.