Cara Memperbaiki Bluetooth Android Error

Bluetooth masih tetap menjadi opsi utama dalam mengirim file. Meskipun sudah ada aplikasi berbagi file, namun fitur bawaan android tersebut bisa menjadi opsi utama. Bluetooth yang error bisa disebabkan karena beberapa faktor. Bisa jadi karena pengaturannya yang salah, masalah pada proses rooting, hingga cache yang menumpuk. Error terjadi bisa berupa tidak bisa terdeteksi di perangkat lain, tidak bisa mengirim file, atau mengalami force close.

Lakukan perbaikan dari cara paling sederhana sampai yang ter-kompleks. Tujuannya agar anda bisa tahu apa penyebabnya secara tepat. Untuk mengatasi error ini, anda bisa memulainya dari membersihkan cache pada aplikasi tersebut. Proses paling akhir dari mengatasi masalah tersebut adalah melakukan Factory reset. Nah, bagi yang penasaran bagaimana cara lengkap mengatasi bluetooth yang error di android, berikut ini ulasannya.

Cara Mengatasi Bluetooth Android Error

Cara Memperbaiki Bluetooth Android Error

Bersihkan cache

Untuk membersihkan cache aplikasi, masuk ke Pengaturan. Kemudian klik Setelan Tambahan dan pilih Manajemen Aplikasi. Cari Berbagi Melalui Bluetooth dan tekan opsi Hapus Cache. Cara satu ini bermanfaat untuk meringankan kinerja android serta aplikasi yang bersangkutan. Anda juga bisa melakukan penghapusan cache pada aplikasi selain bluetooth.

Hapus data dan paksa aplikasi berhenti

Menghapus data aplikasi dan memaksa aplikasi berhenti akan memperbaiki kinerjanya. File yang berjenis basis data, cache sampai history akan refresh kembali sehingga kembali normal. Klik Pengaturan dan pilih Setelan Tambahan. Klik Manajemen Aplikasi dan klik Berbagi Melalui Bluetooth. Tap opsi Paksa Berhenti dan Hapus Data. Cek kembali fitur bluetooth. Jika masih error, lakukan langkah selanjutnya.

Matikan smartphone

Bluetooth error bisa jadi karena sistem android terlalu sibuk atau kacau. Mematikan perangkat akan membuat sistem kembali fresh. Matikan perangkat dan cabut SIM serta SD Card. Jika baterainya non tanam, cabut juga baterainya dan diamkan beberapa saat. Pasang semua komponen dan nyalakan ponsel kembali. Jika masih error, lakukan cara selanjutnya.

Unroot ponsel

Jika sebelumnya ponsel pernah mengalami rooting, maka unroot perangkat tersebut. Pada saat melakukan rooting, terkadang menyebabkan bluetooth tidak bisa digunakan. Aplikasi tertentu pun tidak berfungsi atau mengalami error. Untuk melakukan unroot, anda bisa menggunakan aplikasi SuperSU. Buka aplikasi SuperSU dan klik Settings pada aplikasi tersebut. Pilih Full Unroot dan klik Continue. Tunggu sampai proses unroot selesai dan cobalah gunakan seperti biasa.

Factory reset

Jika langkah 1-4 belum berhasil, anda bisa melakukan factory reset sebagai jalan terakhir. Konfigurasi dan berbagai pengaturannya akan kembali ke awal lagi. Diharapkan fitur bluetooth akan kembali seperti semula. Lakukan backup data terlebih dulu ke memori eksternal atau PC. Baru melakukan Factory Reset dengan cara masuk ke Pengaturan kemudian klik Setelan Tambahan. Pilih opsi Buat Cadangan dan Reset dan tap Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat Dibongkar.

Demikian beberapa tips mengatasi bluetooth di android yang error. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.