Cara Membuat Stiker Wajah Sendiri Di Android

Membuat stiker wajah di android ternyata bukan hal sulit. Chatting semakin menyenangkan dengan adanya stiker. Terlebih jika stiker tersebut bergambar wajah sendiri. Maka akan terasa eksklusif dan perasaan serta maksud anda tersampaikan dengan cara yang unik. Tidak hanya dimonopoli oleh pembuat stiker aplikasi, anda pun bisa menambahkan gambar unik tersebut secara mandiri. Memang untuk proses pembuatannya sedikit rumit. Karena dimulai dari foto mentahannya terlebih dulu.

Kemudian anda memerlukan beberapa aplikasi pendukung. Misalnya aplikasi untuk mengubah latar belakang foto. Aplikasi tersebut akan memudahkan anda dalam melakukan setting ukuran serta mengubah format gambar. Baik itu ke dalam PNG atau ke format lainnya. Namun kebanyakan stiker menggunakan format PNG karena memerlukan efek transparan. Kemudian anda juga harus menggunakan aplikasi editing foto untuk memaksimalkan hasilnya. Berikut cara lebih lanjut untuk membuat stiker wajah sendiri di android.

Cara Membuat Stiker Wajah Sendiri

Cara Membuat Stiker Wajah Sendiri Di Android

  1. Pilih foto yang jelas

Untuk membuat stiker wajah, pilihlah foto yang jelas. Cari foto dengan resolusi bagus agar hasil stikernya tidak mengecewakan. Jangan memilih foto dengan garis pinggir yang kabur karena akan menyulitkan anda ke tahap selanjutnya. Jika memungkinkan, anda bisa memilih foto dari hasil bidikan kamera dengan lensa besar agar ketika proses cropping dan penghapusan background, hasilnya tetap optimal.

  1. Hapus latar belakang

Kemudian install aplikasi Bakcground Eraser untuk menghapus latar belakang. Menghapus latar belakang juga bermanfaat agar foto mudah disetting formatnya dalam bentuk PNG. Crop foto semaksimal mungkin agar proses penghapusan latar belakang lebih maksimal. Hapus latar belakangnya sampai tuntas hingga menyisakan objek utamanya. Kemudian simpan foto dalam format PNG.

  1. Desain stiker

Desain stiker bisa menggunakan aplikasi PixelLab atau PicsArt. Tempatkan foto yang sudah dibuang latar belakangnya. Kemudian pilih fitur Transparent agar latar belakangnya tembus pandang. Tekan Import dan atur posisi fotonya. Anda bisa mengatur garis agar ketegasan objek lebih terlihat. Kemudian tempatkan teks dengan mengedit fontnya. Jika sudah selesai, maka lanjut ke langkah berikutnya.

  1. Simpan dan pasang di aplikasi chat

Setelah mengatur semua hal dan mendapatkan hasil yang diinginkan, kemudian simpan foto tersebut dengan menekan ikon gambar disket di bagian atas. Kemudian pilih Save As Image dan terapkan format PNG. Tekan opsi Save to Gallery. Untuk memasangnya di aplikasi chat, anda bisa mencoba mengunduh aplikasi Personal Stickers for WhatsApp. Kemudian berikan izin akses ke media. Buka WhatsApp dan buka percakapan. Tekan tombol Add di koleksi stiker anda dan masukan gambar stiker tersebut.

Demikian beberapa cara untuk membuat stiker wajah sendiri menggunakan smartphone android. Semoga bermanfaat.