Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

10 Cara Menghemat Baterai Android dan iPhone

Bagi kamu pengguna smartphone baik android ataupun iphone, terkadang akan memiliki masalah yang sama dengan daya baterai. Memang untuk saat ini smartphone baru sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang semakin besar. Pada dasarnya, ini karenakan ukuran layar pada smartphone saat ini yang juga semakin besar, sehingga membutuhkan daya baterai yang lebih banyak. Lalu bagaimana cara menghemat baterai smartphone android atau iphone kamu? Berikut adalah 10 cara untuk menghemat baterai smartphone kamu agar bisa bertahan lebih lama.

10 Cara Menghemat Baterai Android dan iPhone

10 Cara Menghemat Baterai Smartphone

1. Tingkat Kecerahan Layar

Atur tingkat kecerahan layar di menu setting tampilan layar dengan level rendah, semakin rendah maka semakin kecil juga konsumsi baterai pada smartphone. Ini adalah faktor paling utama untuk menghemat baterai, karena konsumsi daya untuk layar adalah paling besar. Kekurangannya, kita akan kesulitan melihat layar smartphone kita di ruangan dengan cahaya yang lebih terang. Terutama di luar ruangan saat siang hari, dimana smartphone kita terkena cahaya matahari secara langsung.

10 Cara Menghemat Baterai Android dan iPhone

2. Jenis Layar (LCD / OLED)

LCD adalah jenis layar yang tergantung pada cahaya dari latar belakang (lampu latar). Lampu latar dinyalakan sepanjang waktu, namun ini tergantung dari konten yang ditampilkan di layar apakah lebih gelap atau lebih terang.

OLED adalah layar dengan tampilan warna-warna yang terang dan lebih menguras daya baterai. Akan sedikit membantu jika kita menggunakan wallpaper gelap. Dengan menggunakan warna yang semakin terang maka konsumi daya baterai akan lebih banyak pada layar OLED.

3. Setting Tampilan Layar Standby

Bila smartphone kamu sedang tidak digunakan, pastikan untuk selalu aktifkan tampilan siaga dengan mematikan layar. Setting juga waktu 10 detik atau 15 detik untuk mematikan layar secara otomatis ke mode standby.

4. Konektivitas

Jika kamu tidak sedang menggunakan Bluetooth, WiFi, GPS atau koneksi lain sebaiknya matikan saja. Ini adalah hal mendasar yang semua orang tahu, namu sering kali orang melupakannya. Menonaktifkan koneksi tidak hanya menghemat daya baterai, namun melindungi dari ancaman lain seperti virus. Menyalakan koneksi WiFi akan membuat smartphone kamu secara terus-menerus mencari sinyal hostpot yang berada di sekitar kamu. Begitu juga dengan smartphoneyang memiliki fitur 4G, jika kamu berada di luar area 4G atau dalam jangkauan 4G yang lemah, sebaiknya kamu mensetting jaringan ke sinyal yang lebih stabil.

10 Cara Menghemat Baterai Android dan iPhone

5. Aplikasi

Kelebihan smartphone salah satunya yaitu dapat menginstall dan menjalankan aplikasi email, social media atau messenger. Namun ini akan berpengaruh terhadap penggunaan baterai, mengingat aplikasi tersebut selalu mengupdate informasi data seperti pesan atau status. Bayangkan jika setiap detik smartphone kamu berusaha untuk meng update data dari semua aplikasi yang kamu install. Selain menguras kuota, pasti proses itu akan membutuhkan lebih banyak daya baterai. Sebaiknya hapus atau uninstall saja aplikasi yang jarang kamu gunakan. Apalagi aplikasi seperti facebook yang masih bisa kita akses melalui browser.

6. Update

Update OS dan aplikasi smartphone kamu ke versi terbaru. OS ataupun aplikasi biasanya mempunyai beberapa bug yang mungkin akan mengganggu performa smartphone kamu, bahkan akan memaksa smartphone untuk memproses data lebih berat. Developer biasanya selalu memperbaiki aplikasi atau OS setiap minggu. Namun jangan mensetting update aplikasi di play store ataupun iTunes secara otomatis. Ini dilakukan agar mengurangi tugas smartphone untuk mengecek ketersediaan aplikasi terbaru tiap detiknya. Update aplikasi ketika kamu menggunakan koneksi internet yang cepat seperti WiFi. Apalagi untuk proses update firmware sangat dianjurkan ketika baterai masih memiliki daya baterai 60% ke atas.

7. Mode Penghemat Daya

Smartphone keluaran baru sudah banyak yang mendukung fitur ini. Aktifkan saja fitur ini meski daya baterai masih tersisa banyak. Mode ini akan menjalankan pemantauan terhadap penggunaan smartphone dan tetap mempertahankan performa smartphone secara maksimal. Berbeda halnya dengan Mode Penghemat Daya Ultra, mode ini akan meminimalisir sekecil mungkin performa smartphone kamu. Biasanya digunakan ketika baterai sudah dalam keadaan lemah dan darurat, dimana kita masih perlu berkomunikasi melalui sms atau telpon.

10 Cara Menghemat Baterai Android dan iPhone

8. Pengisi Daya / Charger Smartphone

Pengisi daya smartphone sekarang memiliki fungsi yang akan mendeteksi saat baterai smartphone sudah terisi penuh 100%. Ini mencegah pengisian daya yang berlebihan pada smartphone dan mencegah hal berbaha lainnya.

9. Notifikasi Getar

Notifikasi getar sebaiknya tidak diaktifkan, kecuali smartphone kamu dalam keadaan mode sunyi. Notifikasi pada Line atau BBM biasanya menggunakan fitur ini. Bayangkan jika setiap harinya kamu mendapatkan 100 pesan atau lebih. Berarti 100 kali smartphone kamu bergetar dan tentunya itu membutuhkan lebih banyak daya.

10. Penggunaan Smartphone

Umumnya kebanyakan orang saat ini selalu mengoprasikan smartphone mereka di waktu-waktu luang. Baik itu untuk bermain game, chatting, browsing, menonton video atau hanya memutar musik. 9 tips untuk menghemat baterai di atas tidak akan berpengaruh besar jika penggunaan smartphone kamu setiap harinya sangat berat. Jika kamu benar-benar berniat untuk menghemat baterai, biasanya untuk keperluan perjalanan jauh. Sebaiknya gunakan smartphone seperlunya dan bila perlu bawalah power bank agar kamu bisa mengisi daya baterai kapan saja.

Apa Kamu Tau  Tips Memilih dan Membeli Powerbank Terbaik Yang Tepat

JBL Charge 2+ BukaLapak

Mungkin Anda juga menyukai