Beranda / Game / Review FPse Emulator PSX Android

Review FPse Emulator PSX Android

Apa itu FPse? FPse adalah emulator yang bisa memainkan game PSX atau PSone (Playstation 1) di HP Android. Mungkin bagi sebagian anak-anak jaman sekarang kurang mengenal akan console buatan Sony seri pertama ini. PS1 sangat terkenal dan berjaya pada jamannya, karena pada masa itu regenerasi atau perkembangan Playstation belum secepat seperti sekarang. PS1 ini saya sendiri mainkan semenjak saya kecil sekitar tahun 1999, lalu hadir PS2 yang menghadirkan graphic yang jauh lebih keren dan seterusnya hingga sekarang PS4 atau mungkin PS5. Meskipun PSX ini terbilang game jadul tapi jangan salah, game ini masih punya tempat di hati para pecinta game tanah air contohnya saya sendiri karena banyak sekali game game yang menarik dan jarang saya temui pada game lain khususnya Android.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak kawan-kawan untuk bernostalgia kembali ke tahun 90an dengan membagikan cara main game PSX/PSone di android dengan rom game standard iso dan bin. Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk bermain game psx seperti epsxe atau fpse. Namun yang akan saya share adalah aplikasi emulator FPse for android. Kalian download langsung di Playstore untuk bisa memakai versi premium.

Apa Kamu Tau  Nama dan Istilah yang Digunakan Android

Menurut saya kelebihan aplikasi emulator ini lebih ringan daripada aplikasi emulator lain, support dengan armv6 atau dengan minimum Android version 2.3.6 gingerbread sudah bisa berjalan dengan lancar. Kelebihan FPse lainnya adalah mudah untuk dimainkan dengan adanya online cheat database yang memungkinkan kita menggunakan cheat yang langsung dicari secara otomatis dengan menggunakan game id yang kita mainkan ke internet di database fpse. Selain itu ada juga pilihan skin gamepad, sound plugin dan kelebihan lainnya.

Tips dan Trik Emulator FPse untuk bermain game PSX/PS1

Berhubung ROM PSX memakan banyak ruang memory jadi saya juga akan membagi tips untuk mengkompres file ROM eksrensi iso, bin dan lainnya menjadi pbp yang akan membuat ukuran ROM lebih kecil dan menjadi lebih irit space SDcard.

Cara mengkompres ROM adalan dengan menekan dan tahan ROM yang ingin di kompres, kemudian pilih compress disk dan tunggu hingga selesai. Keluar dari aplikasi FPse, buka lagi FPse dan kompress lagi game yang lain sehingga semua ROM game semua berukuran lebih kecil. Hasil kompres tadi akan menghasilkan file game baru dan artinya akan ada 2 file ROM game yang sama, yaitu yang belum dikompres dan sudah dikompres. Jadi jangan lupa untuk harus menghapus file yang sebelum dikompres untuk menghemat space.

Apa Kamu Tau  Map Tempat di Harvest Moon Back to Nature

Pertanyaannya, kenapa 1 ROM game setelah dikompres haru keluar FPse terlebih dahulu? Karena untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, contohnya pada pengalaman saya sendiri di Galaxy Young 1 yang saya pakai ketika melakukan kompres secara terus menerus tanpa keluar dari FPse, menghasilkan error dimana file ROM compressed hanya berukuran 0 byte pada saat kompresan kedua dan selanjutnya. Jadi saya sarankan untuk keluar FPse dulu sesudah mengkompres ROM ke format pbp.

Lalu kalau kamu ingin mengganti skin gamepad atau gambar tombol-tombol yang ada di layar menjadi lebih menarik, kamu tinggal masuk ke setting, gamepad, overlay gamepad.

Disana kamu akan diberi pilihan macam-macam skin yang sudah tersedia atau bisa juga kamu pilih download from internet untuk mencari skin yang ada di database FPse untuk disimpan dan digunakan di Android kamu. Selain itu kamu juga bisa mengatur transparency atau persentasi transparan maupun kejelasan tampilan dari skin gamepad itu, ukuran skin gamepad dan lain-lain.

FPse

Terakhir, perlu diingat juga pada saat pertama kali membuka FPse pastikan internet atau mobile data kamu dalam keadaan hidup, karena pada saat pertama kali membuka kita harus mendownload sound plugin secara otomatis sesuai HH yang kita pakai. Untuk file plugin, cheat dan skin gamepad ukuranya tidak besar, jadi jangan khawatir SDcard kamu penuh. Ukuran plugin biasanya cuma beberapa ratus KB saja, sedangkan untuk cheat cuma beberapa KB saja. Sekian untuk postingan kali ini tentang “Review dan Download FPse Emulator PSX/PS1 di Android” semoga bermanfaat dan tunggu postingan berikutnya yang berkaitan tentang Android ataupun FPse hanya di sini aja.

Apa Kamu Tau  Cara Mendapatkan Alat di Harvest Moon Back to Nature