Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dapatkan penghasilan dari liburan? Kenapa tidak, ini adalah sesuatu yang sangat bagus. Karena, biasanya sebuah karya yang disesuaikan dengan santai adalah sensasi ringan. Fotografi adalah hobi yang dapat digunakan sebagai bisnis. Anda tahu, banyak orang menjadikan fotografer sebagai pekerjaan utama mereka. Berapa biaya modal? Tidak perlu terlalu khawatir tentang modal, karena jika ada niat dan tekad, Anda dapat menemukan cara untuk memulai bisnis fotografi Anda tanpa modal.

Ya, meskipun ia mungkin masih membutuhkan modal untuk transportasi dan komunikasi misalnya. Tetapi setidaknya Anda dapat memulai bisnis fotografi dengan modal yang sangat sedikit sampai bisnis foto Anda berubah menjadi bisnis besar. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk memulai bisnis fotografi Anda.

Langkah Mudah Memulai Bisnis Fotografer Tanpa Modal

Source: pixabay.com

1. Tanpa modal? Begini caranya

Untuk langkah pertama, Anda perlu menguasai alat foto. Maka Anda dapat menyewa peralatan hanya ketika ada pesanan foto. Gunakan uang muka sebagai pembayaran sewa. Langkah selanjutnya adalah menyelamatkan pekerjaan Anda untuk membeli peralatan fotografi Anda. Bagaimana? Metode ini cukup efektif untuk melatih keterampilan melobi Anda. Untuk masa depan, Anda dapat dengan mudah mendapatkan proyek karena Anda sudah dikenal banyak orang. Mulailah menghubungi penggemar fotografi dan temukan tempat untuk menyewa sebanyak mungkin agar Anda dapat membandingkan harga sewa termurah. Ambil proyek umum dan kemudian buat lobi :

  • Foto pre wedding
  • Foto di sekolah
  • Resepsi Pernikahan
  • Program kelulusan
  • Dan sebagainya

2. Foto teman atau orang terdekat

Anda cukup memulai bisnis fotografi dengan mengambil proyek dari teman terdekat Anda. Jangan memperhatikan masalah harga terlebih dahulu. Tetapi tunjukkan bagaimana keahlian dan kemampuan Anda di bidang fotografi memberikan hasil terbaik bisa dengan memotret teman Anda, keahlian Anda akan tersebar dari mulut ke mulut. Sehingga banyak orang mengetahui keahlian Anda. Jadi, pada kenyataannya, Anda dipromosikan secara tidak langsung.

Baca  Cara Mengatasi RAM Android yang Sering Penuh

3. Buat portofolio sebaik mungkin

Konsumen umumnya akan tertarik pada bukti pekerjaan Anda sejauh ini. Untuk itu, ada baiknya membuat halaman khusus agar karya Anda dilihat oleh konsumen. Anda dapat membuat portofolio menggunakan media sosial dan blog pribadi. Kemudian unduh hasil terbaik yang pernah Anda miliki. Jadikan dompet Anda tempat untuk menunjukkan bahwa Anda adalah seorang fotografer profesional. Melihat lebih dalam, ternyata portofolio menawarkan manfaat besar.

Dengan portofolio, Anda dapat memeriksa perkembangan keterampilan Anda. Anda dapat melihat mana teknik terbaik untuk mengambil gambar. Media mana yang terbaik untuk membuat portofolio? Untuk metode gratis, Anda dapat menggunakan media sosial seperti Google Plus, Facebook, Instagram atau situs foto online. Tetapi untuk hasil dan sasaran yang lebih kuat dan strategis, Anda dapat membuat situs web / blog pribadi yang berisi segala hal tentang fotografi. Dengan blog pribadi, Anda akan mendapatkan segudang manfaat.

4. Buat halaman testimonial

Selain membuat portofolio karya Anda, Anda juga dapat membuat halaman testimonial pelanggan. Buat halaman khusus untuk menyambut kritik dan pujian konsumen. Metode ini sangat penting dan sering digunakan oleh pengusaha. Misalnya, coba lihat toko online di pasar mereka sudah pasti membuat ujian untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan.

Bagaimana kamu melakukannya? Cobalah tanyakan kepada klien Anda hasil yang telah mereka capai. Kemudian kumpulkan pendapat mereka untuk digunakan sebagai testimonial. Unduh dan tunjukkan kepada semua orang seberapa puas pelanggan Anda. Metode ini cukup efektif untuk menghubungkan dan meyakinkan klien Anda berikutnya. Karena mereka percaya membaca kritik yang Anda buat.

Baca  Ide Bisnis Rumahan Yang Bisa Langsung Dicoba

5. Jual karya Anda di Internet

Saat ini, Internet adalah media yang sangat populer di dunia bisnis. Anda dapat melakukan berbagai jenis bisnis. Salah satunya menjual foto secara online. Teknik ini terutama dilakukan oleh fotografer professional. Anda dapat menjual karya fotografi melalui situs yang menjual foto seperti:

  • Dreamsite
  • Sribulencer
  • Shutterstock
  • iStockphoto

Ditempat tempat tersebut foto anda akan lebih dihargai dan mereka berani membayar hasil jepretan anda dengan uang yang tidak sedikit. Ini bisa menjadi peluang bagus bagi anda, karena karya yang anda buat lebih berarti bagi orang lain dan tidak hanya anda nikmati sendiri.

6. Promosi dengan media gratis

Promosi tidak harus mahal. Anda hanya dapat mempromosikan layanan fotografi terlebih dahulu dengan media gratis. Contohnya adalah menggunakan media sosial, mengelola teman, forum online, atau membuat blog gratis. Promosikan segera dengan menunjukkan kisah dan portofolio Anda sejauh ini. Misalnya, dengan memposting dengan rajin di media sosial, blog, dan forum online. Efek ini cukup ampuh untuk membuat karya anda menjadi terkenal dengan watu yang singkat. Sehingga anda tidak akan butuh modal untuk biaya promosi karya anda.

7. Mitra fotografer

Selain mencari teman di bidang yang sama, Anda juga harus menemukan pasangan terdekat. Carilah sesama fotografer yang dapat saling mendukung. Mungkin dengan cara ini, Anda akan dapat menjalani pengalaman lebih cepat.  Memiliki pasangan di bidang bisnis dapat berdampak besar. Apalagi sifatnya yang saling menguntungkan. Misalnya, Anda dapat menyewa alat fotografer dengan harga lebih murah, atau Anda kewalahan dengan pesanan saat kelebihan banyak orderan. Ini dapat teratasi dengan mudah jika anda memiliki pasangan atau mitra dalam bekerja. Anda tidak mungkin dapat menyelesaikan tugas atau job 3 sampai 4 dalam sehari. Karena yang kita tahu bahwa pekerjaan fotografi membutuhkan waktu yang lama dan semua terkadang tergantung konsep serta dukungan dari cuaca.

Baca  Cara Main Clash Royale Dengan Tips Lengkap

8. Bergabunglah dengan komunitas fotografer

Semakin besar jaringan pertemanan Anda, semakin baik. Anda dapat bergabung dengan komunitas pecinta fotografi. Temukan di internet. Tujuannya tentu saja untuk membantu Anda lebih memahami dunia fotografi dengan berbagi pengalaman dengan mereka. Selain itu, ada kemungkinan bahwa dengan semakin banyak rekan di bidang yang sama, peluang untuk mengembangkan bisnis fotografi bahkan lebih besar. Misalkan kerja sama di bidang penjualan alat fotografi atau pembukaan kelas fotografi. Jadi semakin banyak hubungan anda dengan orang lain maka hasilnya akan semakin baik. Karena teman atau mitra kerja yang baik akan selalu dapat saling menguntungkan antara satu dengan yang lain.

9. Tidak perlu peralatan mahal

Jangan pernah berpikir bahwa peralatan mahal menjamin hasil yang baik. Itu semua tergantung pada keterampilan yang Anda miliki. Jadi pastikan Anda bisa menjadi fotografer yang andal. Anda cukup menggunakan peralatan sederhana terlebih dahulu, tanpa perlu peralatan mahal dan dahsyat yang terpenting adalah kompetensi.

10. Belajar sendiri atas dasar otodidak

Profesi fotografer dapat diluncurkan tanpa modal dengan belajar sendiri. Cari buku dan bacaan yang menyediakan pendidikan gratis untuk Anda. Kemudian, lakukan langkah pertama di atas dengan menyewa alat ketika Anda berhasil melobi. Selain belajar mandiri, Anda dapat belajar dari orang terdekat yang telah menguasai bidang fotografi. Tujuannya tentu saja untuk meluncurkan bisnis fotografi ini tanpa modal, bukan?


amangudan

Salah satu tugas kita hidup adalah untuk membantu orang lain. Jika kita tidak bisa membantu orang lain, setidaknya kita tidak menyusahkan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.